Rabu, 18 Juni 2008

Blog Simpel Tapi Bermakna

Selama ini postingan2 di blog gw cenderung panjang2 kaya cerpen dan masih bertele-tele. Suatu saat gw pengen memposting tulisan2 yang simpel, tapi ada maknanya. Kaya blog www.istribawel.com punyanya Ninit Yunita. Ini salah satu blog yang rajin gw kunjungin. Tiap postingannya cuma cerita dikit, tapi membuat gw berfikir, at least tersenyum.

Tapi Beliau Bukan Shakespeare

Rasanya banyak orang udah cukup familiar dengan quote “what’s in the name?” atau “apalah arti sebuah nama”.
Mungkin setiap orang punya lebih dari satu nama selain nama lengkapnya. Contohnya gw. Nama lengkap gw Rifky Fatimah. Nickname gw Kiky atau Qq. Waktu jaman2 SD, keluarga gw manggil gw dengan sebutan Ceki. Waktu itu gw gag tau asal-usulnya dipanggil ceki. Tapi, setelah beranjak gede gw nanya ke ortu gw. Konon menurut mereka, karena jaman2 sd gw itu bocah yang ceking, cerewet, centil, dan cempreng. Nah karena keempat karakter ini berawalan suku kata Ce, biar enak ditambah Ki, maksudnya dari panggilan awal gw Kiky. Jadi Ce + K i = Ceki. Dan kebetulan ada satu temen SD gw yang tw perihal panggilan ini. Ahirnya selama SD dia manggil gw Ceki. Sampe sekarang pun kalo kita ketemu, dia tetep manggil gw ceki!!! (bangga lo q?)
Tapi untungnya, jaman2 smp dan seterusnya keluarga gw mulai memanggil dengan panggilan normal, Kiky.
Panggilan normal ini tidak berlaku saat gw kuliah. Temen gw, Zebrul (nama aslinya Diar, lagi2 gag nyambung) iseng2 manggil gw Biang. Alesan dia, Adenya dia yang punya nama Kiky juga dipanggil Biang. Jadi kata dia biar sama. Dari iseng2, lama kelamaan jadi keterusan. Dan virus ini menyebar ke anak sekelas, anak kelas laen, dan anak2 di kampus yang kenal gw. Tadinya, gw gag mau nengok kalo dipanggil Biang. Tapi mereka keukeuh manggil gw Biang. Jadi lama2 gw reflek nengok tiap ada yang manggil gw Biang. Nah si Zebrul ini mungkin ngerasa panggilan Biang udah terlalu menyebar. Jadi dia berinisiatif mengubah lagi julukan gw. Kemudian dia ganti jadi Bebe. Alesannya, julukan buat adenya juga udah berubah jadi Bebe. Tau Bebe kepanjangannya apa? Bebe, B+B= Biang Bencong. Bencong? udah jelas2 dari dulu sampe sekarang gw cewe sangat normal!!! Emang sial!!
Nah julukan ini juga mulai menyebar ke telinga anak2. Untung mereka gag tau maksud kepanjangan dari Bebe..
Tapi, sedihnya kalo pas ada yang nanya “Kenapa sih lo dipanggil Bebe? Karena Bau Badan ya?” atau “Lo dipanggil Bebe karena kaya Bebek ya?”
ARRRRGGGHHH !@#$%^&*()!@#$%^&*!!!! Semua gara2 zebrul.
Mungkin karena ni anak gag enak ma gw, ahirnya dia mulai manggil gw Qq lagi. Sayangnya gag ngaruh buat orang2 di kampus yang tetep manggil gw Biang atau Bebe T_T

Nah, Ceritanya waktu itu lagi kuliah packaging. Di akhir pengajaran Sang Dosen mulai mengabsen mahasiswa satu per satu. Pas nama gw dipanggil, Rifky Fatimah, seperti biasa gw mengacungkan tangan. Dan kalian semua tau apa yang terjadi? Dosen gw ini menangis. Gag hanya satu dua tetes air mata. Bahkan dia sampai melepas kacamatanya sebentar. Setelah mulai bisa menguasai diri, beliau diam. Kemudian bertanya ke gw.
“Rifky, apa kamu tahu kisah tentang Nabi Muhammad di saat akhir hidupnya?”
gw yang masih bingung, speechless, dan Cuma bisa menggeleng pelan.
Setelah itu Beliau menceritakan bahwa saat Nabi sedang sekarat, Nabi malah tertawa dan berusaha menghibur Fatimah yang begitu sedih.
selesai bercerita, beliau masih terdiam beberapa saat dan menahan tangis. Setelah dapat menguasai dirinya, beliau mulai mengabsen teman2 gw lagi.
Moral of the storynya gini, selama ini gw biasa aja menanggapi nama gw. Malah terkadang sebal karena temen2 juga suka meledek dengan menyebut gw Patime Jande Mude. Tapi, karena gw tau mereka bercanda jadi ya keselnya ga diseriusin. Dan ternyata, mungkin bagi sebagian orang lainnya, nama gw begitu berarti dan mungkin aja mengingatkan orang pada sesuatu. Seperti dosen gw tadi, yang hanya dengan menyebut nama gw bisa menangis. Bagi Shakespeare memang “apalah arti sebuah nama”. Tapi dosen gw itu kan bukan Shakespeare.
Dan, dibalik itu semua, tentunya orang tua yang memberikan nama untuk kita pasti menyimpan harapan dari nama yang diberinya. Mungkin ortu gw ngasi gw nama Rifky Fatimah karena gini, Rifky kan artinya kasih sayang. Fatimah itu anaknya Nabi. Jadi mungkin ortu gw berharap suatu saat gw akan menjadi orang yang penuh kasih sayang dan mempunyai sifat seperti anaknya Nabi. Amiin. So, hargailah namamu sesuka atau tidak sukanya kamu pada namamu.

Cewe Lebih Banyak Ngalah Dari Cowo?

Seminggu yang lalu temen gw, sebut saja Ani (maaf untuk semua pemilik nama Ani) curhat di telepon hampir sejam. Inti dari curhatannya, dia kesel karena sang pacar lebih memilih menghabiskan weekendnya bersama teman2 kantornya untuk berwisata kuliner ke Bogor. Dengan keselnya temen gw ini cerita.

“kenapa sih cowo gw lebih milih weekend bareng temen2nya? Padahal kan udah seminggu ini dia sibuk kerja.”

gw tanya, “trus lo protes gag ke dia?”

“ya gaklah. Seperti biasa gw ngalah aja. Daripada kita ribut.”

Oke, intinya temen gw ini lebih milih untuk mengalah.

Nah, beberapa hari setelah dia curhat, kebetulan kita ketemu di kampus. Trus dia crita lagi.

“Be, kemarin gw abis berantem ma cowo gw.”

“Kenapa?”

“Cowo gw bilang kalo gw terlalu sering ngalah. Padahal lo tau kan Be, kalo gw itu ngalah supaya gak bikin ribut. Sebel deh gw. Sebenernya maunya dia apa sih?”

Kemudian gw berfikir lumayan lama dengan tujuan bisa memberi solusi atau at least tanggapan. Bagusnya dia mo nunggu gw berfikir.

“Mmm, menurut gw anggapan dia tentang elo yang terlalu sering mengalah itu ada benernya Ni. Mungkin dia takut kalo dibalik ngalahnya elo itu sebenernya tersimpan kekesalan yang suatu saat akan memuncak kemudian meledak. Makanya dia bilang gitu ke elo dengan maksud kalo suatu saat lo gak pengen ngalah, ya lo jangan paksain diri lo buat ngalah.”

Untungnya setelah itu Ani diam, jadi gw gag perlu nyari solusi lain. Aga ragu dia diem karena mikir atau karena gag ngerti J

Terus, belum lama ini ada temen gw sebut saja dewi (sekali lagi mohon maaf kepada semua pemilik nama dewi) sms buat curhat.
Tunggu, kadang gw bingung sama tingkah laku temen2 gw yang suka curhat masalah percintaannya ke gw, padahal jelas2 mereka lebih berpengalaman dalam cinta daripada gw!! Tapi, gw berusaha positive thingking. Mungkin mereka curhat ke gw karena mereka percaya gw bisa menampung cerita dan membuat solusi yang baik. Yes, kamu memang berbakat masuk jurusan psikologi Q!! Ngapain selama ini buang2 waktu di teknik!!!
Anyway, balik lagi ke sms dari dewi. Begini isi smsnya.

“Be, gw lg brantm ni ma co gw. Knp y ahir2 ni qta sring ribut?”

Gw bls dengan sok bijak. “ywd, lo sbr aj Dew. Tar jg baean lg. Ngalah aj klo lg ribut.”

Gw kira jawaban gw ini udah lumayan bijak dan lumayan ngebuat dia “adem”. Tapi perkiraan gw salah sodara2. dia membalas,

“gw cape Be, ngalah mulu!! Biarn aj kli ni gw ga mo mnt maaf. Gw pgn tw smp kpn dia brani ngediemin gw!!”

gila, gw ngebayangin si Dewi bersungut2 smbil ngeluarin asep dari ubun2 palanya.
Oke, sekarang waktunya kita ngebahas kisah2 tadi. Cewe ngerasa mereka lebih sering mengalah dibanding cowonya. Tapi, emosi mereka akan memuncak ketika mereka sadar kalo selama ini mereka terlalu sering ngalah. Klo kejadiannya seperti ini, mungkin ada baiknya qta sebagai cewe mengalah hanya untuk hal yang menurut qta bener, jadi jangan untuk semua hal qta ngalah. Klo qta gag setuju sama tingkah laku cowo qta, jangan paksain diri qta untuk mengalah. Lebih baik qta bilang, “aku gak suka kamu melakukan ini. Mau gak kamu mengalah buat aku.”
Siapa tau dengan qta mengutarakan pendapat qta, cowo qta malah akan sangat menghargai qta nantinya, dan gak akan berbuat semaunya lagi tanpa memikirkan keinginan qta..
Setuju Gals?

Gw Adalah Orang Yang Tidak Dewasa Dalam Cinta

Gw adalah orang yang tidak dewasa dalam cinta. Kenapa? Karena gw adalah orang yang tidak setuju pada “cinta tanpa harus memiliki”. Menurut gw orang yang bisa menjalani “cinta tanpa harus memiliki” adalah orang yang sangat dewasa mengenai cinta. Karena orang itu bisa menerima orang yang dicintainya bahagia bersama orang lain. Sedangkan gw? Gw sulit menerima jika cowo yang gw sayangin bahagia bersama cewe lain. Sounds so selfish. Tapi, ya iyalah. Gw gak akan rela jika itu terjadi. Tapi, jika hal itu terjadi (nauzubilahminzalik), lebih baik gw berusaha melupakan cowo yang gw sayang dan melupakan semua hal yang telah kita lalui bersama, even hal ini sangat sulit. Tapi akan lebih sulit bagi gw menerima dengan lapang dada cowo yang gw sayang bersama dengan cewe lain.

Akh, gw emang gak bisa dewasa kalo udah menyangkut cinta...

Selasa, 22 April 2008

think(y) winky


Hari minggu ini di rumah aja. seharian diisi buat nonton, baca koran, bantu nyokap, nonton lagi, makan, tidur, makan lagi. Memang kegiatan yang dilakukan kurang berkualitas. Tapi maklumin ajalah. Namanya juga Sunday santay. Tapi seneng deh, coz seharian sering banget liat winky di tv. Iya, Dj Winky a.k.a Winky Wiryawan. Gw memang mengagumi dia, hehe. Oia, seleb Indonesia lain yang gw suka&kagumin selain Winky yaitu Fauzi Baadila dan Vino Bastian. Ga tau deh kenapa suka sama mereka. Padahal kalo ditarik benang merah diantara ketiganya ga ada kesamaan yang identik. Paling mereka bertiga sama2 pemaen film, dan they’re so Gorgeus!!

Balik ke Winky. Di minggu pagi ini gw liat dia pas jadi bintang tamu di infotenmen espresso di an teve. Ceritanya, winky lagi mempromosikan sinetron terbarunya di Anteve yang berjudul Elang. Kata winky, sinetron elang beda sama sinetron laen. Karena tema utamanya action, tapi dramanya juga dapet bgt. Fyi, elang tayang tiap jumat jam 20.00. nah, jumat kemaren kan dah tayang perdana. Tapi karena gw ngantuk bgt jadi ga nonton. Padahal penasaran juga ma ceritanya dan winkynya, hehe.

Trus, siangnya pas nonton ceriwis, ada winky juga yang jadi bintang tamu. Selesei nonon ceriwis, gw pindah2 chanel. Pas pencet chanel anteve ternyata sodara-sodara sinetron elang yyang tayang hari Jumat itu direrun hari minggi ini. Yes! Tapi sayang gw telat ½ jam. Gapapalah, yang penting bias liat winky lagi.

Dan malamnya, seperti biasa gw nonton akhirnya datang juga di trans tv yang hostnya siapa lagi kalo buka Winky!! yippiiiee..seharian ni puas banget mantengin mukanya dia.

Oia, dulu pas winky ada di work hard play hard O channel, gw sampe nonton 2x. yang selasa sama rerunnya pas sabtu. Hadyuuuh, jadi winky addict gini.